Visi dan Misi

VISI :

PWK ITS, salah satu unit terdepan, berupaya untuk mendukung visi ITS dan FADP melalui Visi PWK-ITS 2031 adalah:

“Menjadi institusi yang berintegritas, berkompetensi tinggi, dan inovatif dalam bidang perencanaan wilayah dan kota secara berkelanjutan dalam rangka mendukung otonomi daerah serta internasionalisasi ITS”

Visi PWK-ITS ini memuat tiga kelompok kata-kata kunci yang dijelaskan sebagai berikut:

  1. Berintegritas, berkompetensi tinggi, dan inovatif

PWK-ITS yang berintegritas berarti satu kesatuan unit yang terintegrasi dan senantiasa mendukung kebijakan pengembangan ITS dan FTSP. Berkompetensi Tinggi dan Inovatif berarti PWK-ITS juga diharapkan memiliki kemampuan yang baik dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi serta selalu menghasilkan gagasan maupun produk-produk baru di Bidang Perencanaan Wilayah dan Kota. Ketiga kata kunci ini mencerminkan semangat PWK-ITS untuk mendukung ITS sebagai universitas riset.

  1. Bidang perencanaan wilayah dan kota

Kata kunci ini mencerminkan bidang kompetensi PWK yang mendukung bidang kompetensi FADP, khususnya pada bidang sumberdaya alam pada kawasan perkotaan, pedesaan, pesisir, dan laut.

  1. Otonomi daerah dan internasionaliasi ITS

Pembentukan Departemen PWK ITS pada awalnya untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam melaksanakan otonomi daerah. Semangat tersebut tetap dilanjutkan karena daerah-daerah di Indonesia, khususnya di Indonesia Timur masih perlu dukungan dalam pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarkat di bidang PWK. Di samping itu, PWK-ITS juga mendukung penuh ITS untuk mencapai reputasi internasionalnya melalui kegiatan-kegiatan Tri  Dharma Perguruan Tingginya.

MISI :

Visi PWK-ITS selanjutnya dijabarkan ke dalam Misi berikut ini:

  1. Melaksanakan pengelolaan organisasi yang transparan dan akuntabel dengan semangat kebersamaan untuk mencapai kesejahteraan
  2. Menyelenggarakan pendidikan yang efisien, inovatif dan berkelanjutan
  3. Menumbuhkan  keunggulan   IPTEK   di   bidang   PWK   yang   berorientasi   pada pengelolaan sumberdaya alam pada kawasan perkotaan, perdesaan, pesisir, dan laut yang berkelanjutan.
  4. Menumbuhkan jejaring kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat

Secara singkat, pada dasarnya terdapat empat komponen misi PWK-ITS, yaitu pengelolaan organisasi yang transparan dan akuntabel; penyelenggaraan pendidikan yang efisien, inovatif, dan berkelanjutan; keunggulan IPTEK pada bidang kompetensi; dan menumbuhkan jejaring.