Pelatihan GIS Tingkat Lanjut – Geosimulation : Pemodelan Landuse berbasis Cellular Automata-GIS menggunakan Aplikasi LanduseSim untuk Perencanaan Wilayah dan Kota

Brosur Pelatihan LanduseSim

Praktek perencanaan wilayah dan kota di Indonesia telah sampai pada penerapan Teknologi GIS (Geographic Information System). Akan tetapi hingga saat ini, masih terdapat gap dalam penyusunan dokumen tata ruang, terutama pada mekanisme penetapan rencana pola ruang yang logis, tepat dan memiliki landasan keilmuwan yang cukup. Ketidakmampuan dalam meramalkan perubahan dinamika wilayah menjadi batasan yang sering dialami oleh perencana dalam merencanakan suatu wilayah. Alhasil mekanisme instan sering dilalui, karena terkendala cara, metoda dan alat. Namun berkat kemajuan teknologi, batasan tersebut mulai dapat diatasi dengan memanfaatkan komputer sebagai alat bantu memprediksi dan simulasi spasial.

“In any type of analysis, it is generally the case that complexity causes greater difficulties in manual methods than in computer methods. Land use forecasting is no exception.” Marshal, N and Lawe, S. (1994). Land use allocation modeling in uni-centric and multi-centric regions. Paper presented at the 1994 TRB National Conference

Dengan menggunakan teknik komputasi, Cellular Automata merupakan metode terbaik saat ini dalam melakukan simulasi spasial, termasuk simulasi landuse dengan kemampuannya mengakomodasi pendekatan bottom-up dan top-down. Kemampuannya memprediksi perubahan tersebut dapat digunakan untuk perencanaan.

“Cellular automata is capable of simulating two-dimension state in discrete time, hence it is of spatial-temporal dynamics and the characteristic makes it superior in simulating urban growth and land use change”. Yin C, Yu D, Zhang H, You S, Chen G. (2008). Simulation of urban growth using a cellular automata-based model in a developing nation’s region. Proc. of SPIE Vol. 7143

Salah satu software yang didesain untuk melakukan simulasi landuse ataupun tutupan lahan dengan metode cellular automata adalah LanduseSim. LanduseSim memiliki kemampuan untuk mensimulasikan multi-landuse hingga maksimal 20 unit landuse yang tumbuh secara bersamaan. LanduseSim selain untuk perencanaan wilayah, kemampuan simulasinya dapat dimanfaatkan juga dibidang lingkungan, kebencanaan, kehutanan, pertanian, permukiman, industri, real-estate terutama terkait kebutuhan prediksi spasial. Hingga saat ini sudah terdata hingga ratusan pengguna, antara lain sekitar 40 orang PhD/Doctoral/PhD Candidate dan 6 orang Associate Professor.

Info seputar LanduseSim:
www.landusesim.com
www.facebook.com/landusesim

===============================================

Target Peserta:
Akademisi, Konsultan, Birokrasi, yang memiliki latar pendidikan Planologi, Permukiman, Urban Design, Landscape, Geografi, Penginderaan Jauh, Ekonomi Regional, Sosiologi Perkotaan.

Materi Pelatihan (4 Hari):
1. Penjelasan urgensi simulasi pada perencanaan wilayah dan kota
2. Konsep dan cara kerja Cellular Automata sebagai mekanisme pemodelan Landuse
3. Driving-Factor dalam mempengaruhi perubahan Landuse
4. Skenario Perencanaan dalam perencanaan Landuse
5. Pemahaman dan Analisis Daya dukung dan daya tampung
6. LanduseSim Framework: Fuzzy Set Memberships, WeightedRaster, Suitability Map, Constraint Map, Transition Map, Neighborhood Filter, Probability land Conversion, Transition Rules, Time-Step Iteration
7. Melakukan prediksi simulasi landuse pada tahun tertentu (misal 5, 10, 15, 20 tahun kedepan) dengan menggunakan skenario pembangunan infrastruktur yang dipilih/diusulkan/dibangun (skenario struktur ruang)
8. Melakukan penilaian terhadap skenario terhadap hasil simulasi prediksi landuse
9. Mengusulkan rencana pola ruang yang tepat dengan mengacu skenario struktur dan hasil simulasi pola ruang
10. Ujian bagi peserta pelatihan

===============================================

Persyaratan:
1. Peserta pelatihan diwajibkan telah memiliki kemampuan GIS Dasar, diutamakan ESRI ArcGIS 9.3/10.
2. Membawa Laptop sendiri, dan telah terinstall ArcGIS 9.3/10

Durasi Pelatihan: 4 Hari
Tempat: Laboratorium Komputasi dan Pemodelan, Gedung Prodi Perencanaan Wilayah dan Kota (Lantai 3), Surabaya.
Tanggal Pelatihan : 21 – 24 April 2014 (Senin-Kamis)
Pukul: 09.00 – 17.00 WIB

Biaya Pelatihan (tidak termasuk akomodasi):
– Mahasiswa S1/S2/S3 : Rp 3.000.000
– Umum : Rp 4.000.000
* Peserta yang membutuhkan akomodasi penginapan dapat mengisi form dan menginformasikan kebutuhannya.

Biaya sudah termasuk:
– Software, Modul Pelatihan, Snack dan Makan Siang, Sertifikat Pelatihan

Kontak (sms/call) :
0821.3949.0808 (Sakti)
0812.3152.0306 (Ariquint)
0856.3446.356 (Badar)

Pendaftaran :
Pendaftaran peserta pelatihan ditutup pada tanggal 14 April 2014. Peserta hanya terbatas untuk 15 orang pendaftar.

Mekanisme Pendaftaran :
– Isi form registrasi ini
– Pembayaran dengan mekanisme Transfer ke rekening tujuan : Mandiri – 14100.1278.6802 a.n. Hertiari Idajati / Nursakti Adhi P .
– Sms konfirmasi pembayaran ke 0821.3949.0808

Download Brosur Leaflet Pelatihan

Leave a Reply