Outbond Staff Mobility (OSM) 2018 – Yulia Rizviyanti, ST.

Program Outbond Staff Mobility (OSM) merupakan program rutin setiap tahun yang digagas dan diselenggarakan oleh International Office (IO) ITS. Tujuannya sejalan dengan program internasionalisasi ITS umumnya dan Departemen PWK khususnya. Dalam hal ini juga menjadi sarana berbagi info dan pembelajaran pada pelaksanaan layanan untuk Tenaga Pendidikan.

Program ini dimulai pada Bulan Januari 2018 dengan pendaftaran calon peserta dari unit kerja/departemen, setelah mengumpulkan kelengkapan administratif antara lain :

Curriculum Vitae, Essay tentang motivasi mengikuti OSM, Test TOEFL min score 477

Setelah itu peserta OSM mengikuti rangkaian kelas upgrading untuk semakin meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dengan cara :

Materi peningkatan bahasa Inggris, Kuis harian, Perbincangan langsung dengan mahasiswa asing, Tes Tulis dan Presentasi tentang ITS dalam Bahasa Inggris

Setelah dinyatakan lulus dan memenuhi persyaratan, maka peserta akan mengikuti rangkai kegiatan OSM di Institut/Universitas Mitra di Luar Negeri dalam hal ini ke Thailand dan Malaysia.

Untuk Tahun 2018 ini Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota mengikutsertakan 1 Tenaga Pendidikan yaitu Yulia Rizviyanti ke Sirindhorn International Institute of Technology (SIIT) Thailand.

Rangkaian Kegiatan OSM di Thailand :

  • Tgl 7 Mei 2018 : Keberangkatan dari Surabaya ke Bangkok Thailand

Menuju penginapan yang telah disediakan di Na Mo tho Mansion

  • Tgl 8 Mei 2018 : Pertemuan dengan departemen International Office dari SIIT dan perwakilan masing-masing divisi

Mengunjungi fasilitas kampus

  • Tgl 9 Mei 2018 : Magang dan diskusi pada masing-masing divisi sesuai bidang masing-masing-masing
  • Tgl 10 Mei 2018 : Magang dan diskusi pada masing-masing divisi sesuai bidang masing-masing-masing
  • Tgl 11 Mei 2018 : Mengunjungi situs bersejarah Ayuthaya diantar oleh pihak SIIT

Diskusi akhir evaluasi hasil magang pada masing-masing divisi dan pihak SIIT menginginkan saran dan kritik dari peserta atas pengelaman selama di kampus.

  • Tgl 12 Mei 2018            : Perjalanan kembali ke Surabaya.

Pengalaman mengikuti OSM 2018 sangat meningkatkan wawasan, pengalaman dan kemampuan serta menjadi koreksi diri untuk menjadi yang lebih baik lagi dalam meningkatkan pelayanan di Departemen.