Local Economy Activation through Local Resource and Asset Utilization

International Urban Training Centre (IUTC), Republic of Korea Under Partnership between UN-HABITAT & Gangwon-do 6-14 February 2018 (Vely Kukinul Siswanto ST, MT, M.Sc).

Pelatihan ini diorganisir oleh International Urban Training Center (IUTC) yang dibentuk pada tanggal 3 Mei 2007 dan merupakan kerjasama antara UN-HABITAT dengan pemerintah provinsi Gangwon di Korea Selatan. IUTC dibentuk untuk menyediakan pelatihan bagi penyusun kebijakan, perencana maupun pemerintah kota khususnya di daerah Asia Pasifik untuk mencapai pembangunan kota berkelanjutan sesuai dengan Sustainable Development Golas (SDG’s). Hingga saat ini sudah terdapat 63 pelatihan internasional dengan jumlah total 1741 peserta dari 18 negara di Asia Pasifik.

Peserta Local Economy Activation through Local Resource and Asset Utilization Training dari 8 Negara

Pelatihan yang diadakan pada tanggal 6-14 Februari 2018 mengambil tema “Local Economy Activation through Local Resource and Asset Utilization”. Pelatihan ini dilaksanakan di Gedung IUTC Kota Hongcheon-gun Provinsi Gangwon, Korea Selatan dengan total 28 peserta dari 8 negara. Tujuan diadakannya pelatihan ini adalah untuk memberikan pengetahuan kepada para peserta mengenai dasar perencanaan dan perangkat menejemen untuk secara efektif mempersiapkan, merencanakan dan mengelola aktifitas ekonomi yang berasaskan pada masyarakat. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat baik dari segi ekonomi, sosial, budaya maupun lingkungan.

Dalam pelatihan ini tidak hanya diberikan materi mengenai usaha pembangunanan ekonomi lokal yang didasari pada SDG’s dan revolusi industri, tetapi peserta juga harus mempresentasikan mengenai Local Economic Activation di negara masing-masing dan peserta diajak untuk membandingkan dan melihat secara langsung local economic activation yang dapat membangkitkan Provinsi Gangwon-do menjadi lebih berkelanjutan dengan masyarakat lokal sebagai porosnya.

Field visit di Hongcheon Energy Environment Town

Pada hari pertama peserta diajak untuk pergi ke Hongcheon Energy Environment Town. Kota ini awalnya adalah kota tertinggal yang banyak ditinggalkan oleh penghuninya terutama akibat tingkat pencemaran terutama yang diakibatkan oleh kotoran hewan ternak sangat tinggi. Bau busuk dan sungai yang tercemar merupakan pemandangan yang sangat biasa disini. Kemudian atas inisiatif dari kemerintrian lingkungan hidup dibangunlah Eco Friendly Energy Town pertama di Korea Selatan di kota Hongcheon. Ini adalah salah satu pabrik penghasil energi terbarukan di kota Hongcheon.

Tidak hanya mengolah kotoran ternak yang banyak terdapat dilokasi tersebut menjadi biogas, tetapi pabrik ini juga mengolahnya menjadi pupuk kompos. Selain itu di kompleks ini juga dibangun solar panel dan pembangkit listrik tenaga air untuk dapat menghasilkan listrik bagi kota tersebut. Dengan adanya pabrik ini tidak hanya dapat meningkatkan perekonomian karena listrik yang dihasilkan tetapi juga dapat mengurangi permasalahan utama yaitu mengurangi tingkat pencemaran lingkungan akibat kotoran hewan ternak. Seluruh proses di dalam pabrik in dilakukan dengan teknologi tinggi (computerize) dan terintegrasi satu dengan lainnya.

Field visit di Gangwon-do Agricultural Research and Extension Services – exporting flowers
Field visit di EungGol Strawberry Farm
Field Visit di Chuncheon Bioindustry Foundation
Field visit di Koperasi Yongdaeri
Proses Diskusi Dalam Kelas Mengenai Action Plan Hasil Field Trip

Selanjutnya peserta pelatihan diajak untuk mengunjungi beberapa usaha lokal masyarakat di Provinsi Gangwon antara lain Chuncheon Bioindustry Foundation, pabrik bir lokal, Gangwon Agricultural Research, EungGol Strawberry Farm, Koperasi Yongdaeri, Sarangmal koperasi, pasar ikan dan makanan serta lokasi lainnya. Pembelajaran besar dari pelatihan ini adalah adanya kerjasama yang kuat antara pihak swasta, pemerintah, akademisi dan masyarakat menjadi peran penting dalam memperkuat ekonomi dan menciptakan pembangunan berkelanjutan. Provinsi Gangwon yang awalnya hanya bertumpu pada industri pertambangan kini berubah menjadi industri ramah lingkungan dengan teknologi tinggi yang didukung oleh research dari universitas lokal dalam pengembangannya dan dengan peran serta aktif masyarakat telah menjadikan Provinsi Gangwon berkembang sangat pesat. Pesatnya pertumbuhan ekonomi yang diiringi dengan keseimbangan sosial dan lingkungan ini lah yang menjadi salah satu alasan provinsi ini dijadikan sebagai tempat pelaksanaan Olympic Winter Games tahun 2018 yang dilaksanakan dari tanggal 9 hingga 25 Februari 2018.

Selain itu, peserta pelatihan juga diikutsertakan dalam forum “IUTC Asia Pacific Global Leaders Convention” yang dilaksanakan pada tanggal 13 Februari 2018 di Jeongseon High 1 Resort Provinsi Gangwon. Peserta dalam forum ini adalah alumni IUTC dan pemimpin-pemimpin daerah dari berbagai negara di Asia Pasifik. Selain membahas mengenai Asia-Pacific Sustainable Development di forum ini juga dibahas mengenai peluang kerjasama pembangunan berkelanutan dengan Korea International Cooperation Agency (KOICA) maupun Pemerintah Provinsi Gangwon.

Proses Diskusi dalam Forum IUTC Asia Pacific Global Leaders Convention
Delegasi Indonesia di IUTC Asia Pacific Global Leaders Convention