Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

Setiap lulusan departemen perencanaan wilayah dan kota program sarjana memiliki capaian pembelajaran sebagai berikut:

 

  1. SIKAP
    1. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
    2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
    3. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
    4. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
    5. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
    6. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
    7. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
    8. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
    9. menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
    10. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
    11. berusaha secara maksimal untuk mencapai hasil yang sempurna; dan
    12. bekerja sama untuk dapat memanfaatkan semaksimal mungkin potensi yang dimiliki.

 

 

  1. KETRAMPILAN UMUM
    1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau  implementasi  ilmu  pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai  dengan bidang keahliannya
    2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
    3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni
    4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
    5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data
    6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
    7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi  terhadap  penyelesaian  pekerjaan  yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya
    8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung  jawabnya,  dan  mampu  mengelola   pembelajaran   secara mandiri
    9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
    10. Mampu mengembangkan diri dan bersaing di tingkat nasional maupun internasional;
    11. Mampu mengimplementasikan prinsip keberlanjutan (sustainability) dalam mengembangkan pengetahuan;
    12. Mampu mengimplementasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam konteks pelaksanaan pekerjaannya; dan
    13. Mampu menerapkan kewirausahaan dan memahami kewirausahaan berbasis teknologi.

 

  1. PENGUASAAN PENGETAHUAN
    1. Menguasai konsep teoritis perencanaan wilayah dan kota dalam aspek studi perkotaan, studi kewilayahan, ilmu keruangan, ilmu data dan aplikasi komputer, ilmu ekonomi, sosial-politik, manajemen lingkungan, perancangan lingkungan binaan, sistem infrastruktur dan transportasi, studi pesisir, dan manajemen.
    2. Menguasai teknik-teknik dan proses-proses perencanaan wilayah dan kota secara kualitatif, kuantitatif, pemodelan spasial (sistem informasi geografis) dan teknik presentasi.
    3. Menguasai metode-metode perencanaan spasial/aspasial dalam pengambilan keputusan.

 

  1. KETRAMPILAN KHUSUS
    1. Mampu menyusun konsep perencanaan dan arahan rencana melalui kajian masalah strategis dalam konteks kota, wilayah, pesisir dengan pemahaman masalah perencanaan melalui pengamatan dan pemanfaatan data fisik/spasial, sosial, ekonomi dan lingkungan.
    2. Mampu memanfaatkan TIK dalam pengelolaan data untuk menghasilkan informasi yang mudah difahami oleh publik dan para pengambil keputusan.
    3. Mampu mendeskripsikan karakteristik keruangan (spatial) kota, wilayah, pesisir melalui analisis keterkaitan aspek-aspek aspasial dan spasial sehingga tersedia informasi sebagai dasar untuk menyusun model perencanaan.
    4. Mampu menyusun alternatif model keruangan/spasial melalui pendekatan kualitatif dan kuantitatif dalam bentuk skenario pengaturan pola ruang dan struktur kota, wilayah, pesisir serta mengusulkan solusi sesuai konteks.
    5. Mampu menghasilkan rencana tata ruang yang kreatif, inovatif, keberlanjutan, dan mengakomodasi kepentingan publik yang hasilnya terkaji terhadap kaidah dan teori perencanaan dan mengkomunikasikannya secara visual, verbal dan tertulis yang dapat dipertanggungjawabkan secara akademik.