World Urban Forum (WUF) 9, Kuala Lumpur: Implementasi New Urban Agenda menuju Cities 2030

WUF 9 diselenggarakan di KLCC Convention Centre, Kuala Lumpur pada 7 – 13 Februari 2018 merupakan sesi tematik pertama yang berfokus pada implementasi dari New Urban Agenda (NUA) yang termuat dalam Habitat III. Pertemuan berskala internasional ini sukses mempertemukan stakeholders dari berbagai bidang khususnya yang terkait dengan pembangunan perkotaan dalam kegiatan diseminasi dan diskusi terkait isu-isu yang berkembang di perkotaan termasuk best practices dari berbagai kota di seluruh dunia.

Pendidikan perencanaan terutama bidang ilmu Perencanaan Wilayah dan Kota bertanggungjawab dalam menghasilkan lulusan yang berprofesi perencana kota dengan kompetensi tertentu memiliki peran besar dalam implementasi NUA menuju Cities 2030. Hal ini disampaikan dalam salah satu sesi side event di WUF 9 yang diselenggarakan oleh Asosiasi Sekolah Perencana Indonesia (ASPI) bekerjasama dengan Global Planning Education Association Network (GPEAN) dengan tema Capacity Building for the New Urban Agenda: Education for Planners.  Dalam sesi tersebut didiseminasikan praktek pendidikan sekolah perencanaan dari beberapa negara seperti Indonesia dan Meksiko. Disebutkan pula bahwa beberapa tujuan utama NUA yaitu peningkatan kesadaran terkait urbanisasi berkelanjutan, perbaikan pengetahuan bersama terkait pembangunan kota berkelanjutan, serta peningkatan koordinasi dan kerjasama antar stakeholder dapat diintegrasikan melalui muatan kurikulum sekolah perencanaan maupun kegiatan studio perencanaan yang diharapkan dapat menghasilkan perencana kota yang memiliki visi bersama menuju Cities 2030: Cities for All.

Kegiatan lain yang diselenggarakan oleh Pemerintah Indonesia adalah Kaukus Indonesia, forum sharing informasi dan diskusi antar institusi maupun individu yang hadir dalam WUF 9 yang diselenggarakan oleh Kementerian PU di stand Pavilion Indonesia pada awal acara WUF. Keterlibatan PWK ITS sebagai peserta WUF 9 mendapatkan beberapa jejaring yang akan ditindaklanjuti dalam bentuk kerjasama diantaranya dengan UNHABITAT, beberapa universitas yang tergabung dalam Networking Events, dan penyedia jasa alternatif transportasi kota seperti Dopplemayr. Hasil keikutsertaan dalam even ini diharapkan memberikan wacana dalam mengimplementasikan New Urban Agenda dalam proses pendidikan di PWK ITS secara khusus, dan implementasi perencanaan berkelanjutan di Indonesia secara umum.

Lampiran Foto

  1. Kegiatan Side Event GPEAN/ASPI: Capacity Building for the New Urban Agenda: Education for Planners (A dan B)
  2. Kegiatan Networking Event
  3. Kegiatan Kaukus Indonesia oleh Kementerian PU (C)

Side Event ASPI/GPEAN

Kaukus Indonesia

Networking Event: Saudi Cities Future Program

Pavilion Indonesia, Kementerian PU

Networking Discussion: Dopplemayr