Sejarah

Embrio Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) ITS adalah Laboratorium Perencanaan dan Perancangan Kota Jurusan Arsitektur ITS, yang merupakan salah satu laboratorium di Jurusan Arsitektur ITS.

Gagasan untuk mendirikan Jurusan Planologi dilontarkan  sekitar tahun delapan puluh lima-an oleh Dr. Ir. Herbasuki Wibowo, MUP yang saat itu menjabat Kepala Laboratorium Perencanaan dan Perancangan Kota. Gagasan ini ditindaklanjuti dengan menerima dosen baru yang berlatar belakang pendidikan Planologi, yaitu Ir. Subandrio, Ir. Sardjito, Ir. Eko Budi Santosa, dan Ir. Putu Rudy Satiawan. Namun demikian gagasan ini belum mendapat respons dan pembentukan Jurusan Planologi belum bisa terwujud pada saat itu.

Gagasan untuk membuka kembali Jurusan Planologi dirintis kembali sekitar tahun 1998 pada saat Kepala Laboratorium Perencanaan dan Perancangan Kota dijabat oleh Ir. Heru Purwadio, MSP. Berbagai persiapan dilakukan untuk merealisasikan pembukaan jurusan ini, termasuk mencari dukungan dari berbagai pihak di dalam maupun di luar ITS. Pihak internal yang mendukung pendirian Jurusan Planologi adalah Ketua Jurusan Arsitektur yang saat itu dijabat oleh Prof. Dr. Ir. Happy Ratna S, MSc,  dan Dekan FTSP ITS yang saat itu dijabat oleh Prof. Dr. Ir. Nadjadji, MSc. Pihak eksternal yang memberikan dukungan secara tertulis adalah Ketua Jurusan Teknik Planologi ITB yang saat itu dijabat oleh Dr. Ir. Heru Purboyo, MSc. Namun demikian Rektor ITS belum memberikan lampu hijau untuk membuka Jurusan Planologi.

Pada tahun 2000 Rektor ITS memberikan persetujuan pembukaan program studi baru dengan nama Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota dengan mengirimkan Proposal Pembukaan Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota FTSP-ITS. Pada tanggal 30 Agustus 2001, melalui Surat Nomor : 2825/D/T/2001, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi menerbitkan Izin Penyelenggaraan Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota Untuk Jenjang S-1. Studi Perencanaan Wilayah dan Kota yang berlaku selama dua tahun.

Berdasarkan Surat Izin Penyelenggaraan Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota, pada tanggal 1 Oktober 2001, Dekan FTSP menerbitkan Surat Keputusan Dekan FTSP ITS Nomor : 3084/K03.3/TU/2001 tentang Penunjukan Pelaksana Harian Ketua Departemen dan Pelaksana Harian Sekretaris Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota, dengan susunan sebagai berikut :

  1. Pelaksana Harian Ketua Departemen             : Ir. Heru Purwadio, MSP
  2. Pelaksana Harian Sekretaris Departemen      : Ir. Eko Budi Santosa, Lic.Rer.Reg

Dengan tugas :

a.   Menyusun Kurikulum dan Silabus

b.   Mempersiapkan Kebutuhan Sumber Daya Manusia

c.   Mempersiapkan Kebutuhan Sarana dan Prasarana

d.   Menyelenggarakan Promosi dan Sosialisasi

Departemen PWK mulai menerima mahasiswa baru pada tahun ajaran 2002/2003 melalui SNMPTN. Pada tahun 2002 Dekan FTSP menerbitkan Surat Keputusan Pengangkatan Ketua Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota Periode 2002-2003 dengan susunan :

  1. Ketua Departemen                                   :     Ir. Eko Budi Santosa, Lic.Rer.Reg.
  2. SekretarisDepartemen                             :     Ir. Putu Rudy Satiawan, MSc

Selanjutnya Pimpinan Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota Periode 2003-2007 adalah :

  1. Ketua Departemen                                   :     Ir. Eko Budi Santosa, Lic. Rer.Reg.
  2. Sekretaris Departemen                            :     Ir. Heru Purwadio, MSP

Pimpinan Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota Periode 2007-2011, adalah :

  1. Ketua Departemen                                   :     Ir. Sardjito, MT
  2. Sekretaris Departemen                            :     Ir. Heru Purwadio, MSP

Pimpinan Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota Periode 2011-2015, adalah :

  1. Ketua Departemen                                    :     Putu Gde Ariastita, ST, MT
  2. Sekretaris Departemen                             :     Rulli Pratiwi Setiawan, ST, MSc

Dah mulai Periode 2015 sampai sekarang Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota di pimpin oleh :

  1. Ketua Departemen                                   :     Adjie Pamungkas, ST, M.Dev, Plg, PhD
  2. Sekretaris Departemen                            :     Dian Rahmawati, ST, MT.