Pererat Kerjasama , HMPL ITS Kunjungi HMT PWK UGM

Himpunan Mahasiswa Planologi (HMPL) Institut Teknologi Sepuluh Nopember melakukan kunjungan sebagai wujud tali silaturahmi dan mempererat kerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (HMT PWK) Universitas Gajah Mada (UGM). Dengan didampingi salah satu dosen PWK ITS, M. Yusuf,ST.,M.Sc dan seluruh fungsionaris himpunan, acara ini berlangsung pada Sabtu (3/3) lalu.

Acara kunjungan ini diisi dengan berbagi pengalaman masing-masing himpunan dalam menjalankan amanah. Aldi Ramadhan, Ketua Himpunan (Kahima) HMPL PWK ITS mengatakan pada kesempatan tersebut ia mengenalkan kabinet yang tengah ia pimpin. “Di Yogyakarta, saya mengenalkan kabinet Dandelion beserta departemen-departemen yang ada di dalamnya. Tak lupa sebelumnya saya mengenalkan kampus ITS,” jelasnya.

Sambungnya, Aldi, sapaan akrabnya mengungkapkan Ia juga mengenalkan acara besar HMPL yakni Planopolis. “Saya menjelaskan sekilas tentang acara Planopolis dan HMT PWK UGM juga menerangkan terkait PESTAGAMA, acara besar himpunan mereka,” terang mahasiswa angkatan 2015 tersebut.

Selain menjelaskan seluk-beluk himpunan, pertemuan ini juga dilengkapi dengan adanya Focus Group Discussion (FGD) antar departemen. Dalam kesempatan FGD ini semua departemen saling berbagi informasi dan pengetahuan. “Berbagi pengalaman, masalah yang dihadapi hingga strategi yang digunakan dalam pemecahan masalah,” ucapnya.

Kepada Tim Website PWK ITS, dari hasil kunjungan tersebut Aldi mengatakan semakin terasanya atmosfir kekerabatan antara PWK UGM dan PWK ITS. Pertemuan ini melahirkan ide-ide baru, inovasi dan pandangan terkait menyelesaikan permasalahan baik di himpunan maupun di dunia perkuliahan.

Kerjasama nyata yang sudah disepakati pada pertemuan tersebut ialah kerjasama dalam pengisian artikel UrplanMagz, salah satu program kerja Departemen Media dan Komunikasi. “Nantinya HMT PWK UGM juga bisa mengisi artikel, memberikan opini pada kolom UrplanMagz. Sejauh ini kerjasama yang disepakati sebatas artikel, namun direncanakan kerjasama lainnya segera menyusul. Dan kerjasama dengan departemen lainnya,” cerita Aldi.

Ide terkait kerjasama lainnya didapatkan terutama setelah ada kunjungan studio. Salah satu yang diusulkan menjadi agenda program studi adalah kunjungan antar studio atau melakukan studio bersama berbasis online/ virtual co-working space.

Usai pertemuan tersebut, HMPL ITS berkesempatan mengujungi komunitas PETARUNG yang diadakan di Museum Sandi , Yogyakarta. Kunjungan ini dipandu langsung oleh HMT PWK UGM menyambut tamu dari Surabaya.