Mahasiswa ITS Jadi Best Talent Next Telkomsel

Kampus ITS, ITS News – Tiga Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya berhasil menjadi 30 Best Talents Indonesia. Ketiganya berhasil menyisihkan 12.000 peserta yang berasal dari penjuru tanah air dalam kegiatan Indonesia Next Telkomsel yang bertajuk corporate social responsibility, Jumat (19/1).

Kegiatan Indonesia Next ialah program yang diinisiasi oleh Telkomsel dengan bertujuan meningkatkan kapabilitas dan kapasitas pemuda Indonesia dalam menghadapi persaingan global di masa depan. Acara ini diadakan di enam kota besar Indonesia, seperti Medan, Jakarta, Jogjakarta, Bandung, Makassar dan Surabaya. Peserta dari Surabaya mencapai 2000 orang.
Termotivasi dari sulitnya bersaing saat mencari pekerjaan membuat Danuta Aldina dari Perencanaan Wilayah dan Kota, Ni Luh Putu Disa Pracita dari Desain Interior,dan Bima Panji dari Teknik Fisika ingin menjadi yang terbaik dan paham akan materi-materi yang diberikan saat Indonesia Next berlangsung.
“Kita harus mulai peduli kalau Indonesia butuh orang-orang yang siap untuk menghadapi perubahan khususnya di dunia kerja,” jelas Danuta.
Seminar Motivasi dan kegiatan sertifikasi internasional merupakan dua kegiatan inti dalam babak penyisihan tingkat kota. Sertfikasi ini pun dibagi menjadi dua keahlian yakni Microsoft Office Specialist dan Graphic Desain and Illustration.
“Saya mengambil Microsoft Office Specialist. Outputnya adalah sertifikat keahlian internasional yang bisa menjadi Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) saat lulus, ” tambah mahasiswa PWK ini. Dari kegiatan sertifikasi ini terseleksi 2000 peserta hingga menjadi lima besar setiap kotanya. Dan ITS menyumbang tiga orang dari lima peserta terbaik tersebut.
Saat National Bootcamp, kegiatan diisi dengan pelatihan lebih lanjut seperti advanced communication skill, berpikir kritis, bahasa inggris, company visit dan qualification panel yang menguji kemampuan inovasi mahasiswa. Berkat ketekunan yang dilakukan, ketiga mahasiswa ITS ini diberangkatkan ke Singapura pada Maret untuk melakukan training di perusahaan-perusahaan besar di sana. (li)