Kunjungan dari PWK Universitas Diponegoro

Pada hari Selasa tanggal 27 Maret 2018, Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota ITS menerima kunjungan kuliah kerja lapangan dari mahasiswa Program Studi Magister Pembangunan Wilayah dan Kota Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang. Acara studio visit yang dilaksanakan di ruang 305 Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota mengusung tema “Pembangunan Wilayah Pesisir dan Kota Transit di Indonesia”. Kegiatan tersebut dihadiri oleh 22 mahasiswa yang didampingi oleh 2 dosen, yaitu Prof. Nany Yuliastuti dan Dr. Ing. Santi Paula dari Program Studi Magister PWK UNDIP.

Acara dimulai pukul 13.00 dengan sambutan dari Kepala Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota ITS, Adjie Pamungkas, Ph.D. dan Prof Nany Yuliastuti sebagai representatif dari Universitas Diponegoro. Materi yang dibahas dalam kegiatan ini adalah sharing pengalaman PWK ITS dalam menyusun Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP3K) Provinsi Jawa Timur, Kota Surabaya sebagai Kota Transit, serta beberapa isu pengembangan Kota Surabaya secara umum. Materi disampaikan oleh Putu Gde Ariastita ST., MT. dan Adjie Pamungkas, Ph.D. selaku dosen di Departemen PWK ITS. Selain penyampaian materi, diskusi mengenai tema yang diusung juga dilakukan dengan tim dosen MK Perencanaan Kawasan Pesisir di PWK ITS setelah pemberian materi berlangsung. Beberapa hal yang menjadi poin diskusi adalah pengembangan aqua culture dalam bidang perikanan di Jawa Timur, bentuk tindak lanjut dari penyusunan RZWP Jawa Timur dan beberapa pertanyaan terkait urban resilience di Kota Surabaya.

Setelah sesi tanya jawab, kedua belah pihak memberikan cinderamata sebagai ungkapan terima kasih dan sesi foto bersama. Diharapkan dengan adanya pertemuan ini dapat memberikan manfaat dan meningkatkan tali silaturahmi dari kedua institusi.